Dapatkah menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS?

Posted by on Jul 30th, 2009 and filed under Blackberry, TipsTrik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

blackberry-baby

Saat ini layanan BIS (Blackberry Internet Services) sudah sangat terjangkau, beberapa operator seluler di Indonesia telah mengeluarkan layanan BIS dengan menawarkan paket prabayar. Namun dengan berbagai alasan ada saja pengguna yang tidak ingin mengaktifkan layanan BIS pada perangkat Blackberrynya dan lebih menggunakan Blackberry layaknya ponsel biasa tanpa layanan BIS.

Kontan keadaan ini memang memicu diskusi yang dinamis dikalangan pengguna fanatik Blackberry, karena menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS sama saja dengan menggunakan ponsel biasa. Karena aplikasi push mail, salah satu fitur yang menjadi andalan perangkat Blackberry jadi tidak berfungsi.

Namun baru-baru ini kami menemukan trik tentang bagaimana menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS, namun memiliki fungsi push e-mail, chatting dan browsing layaknya Blackberry dengan BIS.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada Blackberry tanpa berlangganan BIS:

Browser:
Ada beberapa operator tidak megizinkan penggunaan browser aseli bawaan Blackberry, padahal dengan menggunakan browser ini, Blackberry kita dapat mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh perangkat Blackberry kita, bisa dibilang aplikasi ini merupakan gerbang awal untuk dapat menggunakan Blackberry karena beberapa aplikasi harus diinstal secara OTA (over the air) melalui browser ini.

Untuk dapat menggunakan aplikasi browser ini, kita harus memunculkan fungsi “browser” yang ada dalam aplikasi browser native Blackberry, untuk melakukan ini kita harus menyuntikan fileĀ  .ipd yang dapat memunculkan fungsi “browser”. File .ipd itu bisa diunduh dan meng-ekstrak file Browser_via_TCP_all_network_beta_V1.1.rar dari situs ini.

Jika masih bingung bagaimana car menyuntikkan file .ipd ke perangkat Blackberry kita, silahkan baca manualnya disitus http://bb.anworm.com/Home/english.

Setelah kitamengaktifkan fungsi browser ini, maka kita akan dapat megakses dan menginstal aplikasi BB via OTA link.

Selain browser native bawaan Blackberry, kita juga bisa menginstal aplikasi browser lain seperti Opera Mini dan Bolt Browser.

Apliksai Push E-mail

Fasilitas ini adalah merupakan salah satu fasilitas andalan Blackberry, dengan adanyafasilitas Push Mail inilah perangkat buatan RIM ini menjadi populer, sehingga beberapaprodusen ponsel banyak yang mengadopsi fitur serupa.

Dengan aplikasi ShangMail, kita dapat menggunakan aplikasi e-mail native bawaan Blackberry untuk dapat menerima e-mail secara push seperti yang biasa kita temukan pada perangkatBlackberry yang mennggunakan layanan BIS.

ShangMail bertindak sebagai “jembatan” yang menghubungkan antara mailbox kita dengan aplikasi native di Blackberry untuk mengirimkan e-mail dengan metode IMAP. Dengan aplikasiini kita dapat menerima e-mail secara push. Untuk menginstal aplikasi ini silahkan arahkanbrowser anda ke http://en.shangmail.com/

Selain aplikasi di atas, kita juga dapat menggunakan aplikasi GMail Apps yang biasa kita kenal dengan sebutan “GMail Amplop Merah” aplikasi ini juga menawarkan fitur push mail, kita dapat memasang sepuluh akun sekaligus dengan menggunakan Gmail Apps ini, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk e-mail yang menggunakan Gmail dan GMail hosting.

Chatting/IM:

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan chatting di perangkat Blackbbery, yaitu:

  • YMTiny, aplikasi kecil ini dapat diunduh di situs http://www.orisinil.com
  • Jivetalk, mendukunga multi IM, dapat diunduh di situs BeeJive namun sayangnya, aplikasi ini tidak gratis.
  • eBuddy, aplikasi IM gratisan ini mendukung untuk berbagai layanan IM, seperti YM, ICQ, WindowsLive, Facebook, GTalk dan lain-lain. eBuddy dapat diunduh langsung melalui browser Blackberry pada situs http://m.ebuddy.com
  • Palringo, salah satu aplikasi messenger yang memiliki tampilan informatif dan mendukung ke berbagai layanan multi IM, sayangnya aplikasi ini hanya bisa berjalan pada perangkat Blackberry yang menggunakan scroll ball. Bisa langsung diunduh di sini

RSS Reader

Aplikasi RSS reader memungkinkan kita untuk dapat menerima update terbaru dari situs favorit kita, dengan aplikasi ini kita akan menghemat waktu browsing dan berita terbaru langsung dikirimkan layaknya kita berlangganan surat kabar selama 24 jam penuh.

Viigo adalah salah satu aplikasi RSS Reader yang dapat kita gunakan dalam Blackberry, aplikasi ini mendukung koneksi GPRS/TCP maupun BIS. Untuk mendownloadnya kita bisa mengaksesnya ke situs http://www.viigo.com/download.

Setelah aplikasi itu berhasil diunduh dan di instal, kita tinggal memilih berita apa saja yang ingin dikirim ke perangkat Blackberry kita dengan cara memilih dari daftar yang telah disediakan atau memasukkan alamat RSSnya secara manual.

Catatan: Sebelum menggunakan aplikasi di atas, jangal lupa untuk terlebih dahulu mengaktifkan layanan GPRS/3G pada simCard yang Anda gunakan, selanjutnya masukkan access point name (APN), user ID dan password dari operator yang kita gunakan secara manual.

Untuk mengaktifkan APN, kita bisa masuk ke menu Optios – Advanced Options – TCP:

  • Indosat (IM3), APN: www.indosat-m3.net, User ID: gprs, password: im3
  • Mentari, APN : indosatgprs, user ID: indosat, password: indosat (atau kosongkan semua, kecualli APN)
  • Telkomsel, APN: telkomsel, UserID: wap, Password: wap123 (atau bisa dikosongkan)
  • Pro XL, APN: www.xlgprs.net, userID: gprs, password: proxl
  • AXIS, APN : AXIS, User ID: axis, password: 123456
  • 3 (Three), APN: 3gprs, UserID: 3gprs, Password: 3gprs

Selamat mencoba…!! (Q)

11 Responses for “Dapatkah menggunakan Blackberry tanpa layanan BIS?”

  1. jilaxzone says:

    bro, saya sudah coba, berhasil pake m3.
    tapi koQ gak berhasil yah pake 3 dan im2?
    ada saran?
    pernah coba kah bro?

  2. rosgani says:

    @jilaxzone: Coba masukkan APN operator tersebut, bisa di ubah di Options – Advaced Options – TCP

    kalo gak salah IM2 memang gak bisa di pake untuk BB Mas, thanks

  3. jilaxzone says:

    sudah mas,
    baik im2 maupun 3, saya sudah masukan apn operator tersebut di bagian tcp.
    namun tetap tidak bisa digunakan baik utk browsing (pake browser bawaan maupun opera), chatting dan push mail.

    aneh juga yah..
    hal yang sama saya coba di pocketpc saya, baik 3 maupun im2 lancar2 aja

  4. rudibudiyanto says:

    Kalo BBMessenger bisa juga nggak tanpa BIS?

  5. zechreich says:

    setting GPRS untuk APN 3 (three) ga bisa2 bingung saya…

  6. rosgani says:

    @rudibudiyanto: BBM Messenger tidak bisa tanpa BIS ya hehehe
    @zechreich: Untuk setting 3, silahkan lihat di http://three.co.id/otasetting/

  7. Tito says:

    kalo utk BB CDMA EVDO operator SMART gimana cara setiing spy bisa akses internet di BB+KOMPUTER tanpa BIS ???

  8. heri says:

    kalau setting apn nya pakai 3 data gimana (saya pakai operator 3) bisa gak? jadi bukan 3gprs.

  9. jodie says:

    klo buat chating via nimbuzz ato bombus bisa gak?

  10. wida says:

    Kalau BB hanya dengan wifi only, tapi tanpa BIS, bagaimana caranya?

  11. rosgani says:

    @wida, akan otomatis tersambung tapi tetap harus berlagganan paket BIS, kecuali untuk BlackBerry 10 bisa nyambung ke WiFi tanpa berlangganan BIS. :)

Leave a Reply

*


Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE
Log in / Feedberry.com

The names RIM and BlackBerry are registered Trademarks of Research in Motion Limited. feedberry.com is in No Way Affiliated with Research in Motion Limited.