Apakah A-GPS itu?

Posted by on May 11th, 2010 and filed under Artikel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

A-GPS (Assisted GPS), adalah sebuah teknologi yang menggunakan sebuah server bantu Assistance server) untuk mengurangi waktu yang diperlukan dalam menentukan sebuah posisi menggunakan perangkat GPS.

Sangat berguna di perkotaan, yang penggunanya berlokasi di sebuah lembah, dengan pepohonan besar yang rimbun, atau bahkan didalam bangunan. Mulai lebih dikenal yang biasanya iasosiasikan dengan Location Based Services (LBS) di jaringan selular.

Bahkan kalau di negeri paman Sam, pengembangan dari pelayanan ini didukung oleh sebuah ketentuan dimana sebuah perangkat telephone selular harus bisa dipakai sebagai alat bantu dalam keadaan gawat darurat.

A-GPS berbeda dengan perangkat penerima GPS umumnya, dengan penambahan elemen lainnya dalam penghitungan, yaitu sebuah Server Bantu. Dalam sistem jaringan GPS sebelumnya hanya terdapat Satelit-satelit GPS dengan perangkat-perangkat penerima GPS.

Lain lagi dalam sitem jaringan A-GPS, sebuah perangkat penerima, yang terbatas oleh kemampuan kekuatan prosesnya dan berada dalam kondisi yang cukup sulit unuk mendapatkan sebuah psosisi tetap (position fixing), sekalipun dapat berkominikasi dengan sebuah server bantu yang memilki kemampuan proses kuat dan memiliki akses terhadap posisinya dalam jaringan.

Oleh karena sebuah perangkat A-GPS dan server bantu dapat membagi tugas, terutama dalam soal waktu proses yang menjadi lebh cepat dan effisien dibandingkan dengan hanya sebuah perangkat GPS pada umumnya, namun yaitu menjadi sangat tergantung terhadap keberadaan cakupan jaringan pelayanan selular tentunya.

Assisted GPS dapat digambarkan sebagai sebuah sistem yang tergantung terhadap sumber-sumber dari luar, seperti sebuah server bantu ( Mobile Location Server) melalui jaringannya, Untuk membantu sebuah perangkat penerima GPS melakukan tugas yang diperlukan dalam hal baik pengukuran maupun perhitungan lokasinya.

Server bantu yang memiliki kemampuan dalam mengakses informasi dari referensi jaringannya dan juga memiliki kekuatan komputasi jauh melampaui sebuah perangkat penerima GPS biasa tentunya. Dalam sistem tersebut, server bantu berkomunikasi dengan perangkat penerima GPS dalam sebuah perangkat telephone selular melalui jaringan selularnya.

Dengan bantuan jaringan selular tersebut, perangkat penerima dapat beroperasi lebih cepat dan effisien, sebab beberapa tugas yang biasanya dilakukan sendiri dapat dibagi dengan server bantu tentunya. Dan hasilnya sistem A-GPS dapat meningkatkan performanya jauh melampaui bilamana sebuah perangkat penerima GPS yang sama beroperasi tanpa bantuan (stand-alone mode).

Pada umumnya, sebuah perangkat penerima GPS standard memerlukan kondisi bebas hambatan keangkasa dan memerlukan sedikitnya 4 buah satelit sebelum dapat menghitung posisinya secara memadai. Terlebih lagi memerlukan perangkat yang memiliki kemampuan proses yang cukup kuat untuk mentransformasi data streams dari satelit-satelit tsb menjadi sebuah posisi.

Dalam mode A-GPS, perangkat penerima selular cukup mengambil sekilas dari sinyal satelit dan mentransmisikannya ke sebuah tower selular yang meneruskannya kesebuah server bantu yang melakukan kalkulasi yang diperlukan untuk menghitung sebuah position fix. Server itu kemudian mengirim kembali hasil perhitungan posisi ke perangkat penerima selular tersebut.

Walaupun pada beberapa perangkat penerima selular lainnya yang dapat menerima data streams yang telah dirubah tsb dan menghitung posisinya sendiri. Meskipun salah satu tujuan utama awalnya dari A-GPS adalah menyediakan cakupan yang lebih luas tehadap location-based emergency phone service, seperti yang dimilki Amerika. Disamping itu menyediakan pelayanan terhadap pengguna telephone selular, location-based services terhadap alat bantu navigasi (turn-by-turn navigation aid). []

Sumber: http://www.gps-practice-and-fun.com/a-gps.html

Leave a Reply

*


Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE
Log in / Feedberry.com

The names RIM and BlackBerry are registered Trademarks of Research in Motion Limited. feedberry.com is in No Way Affiliated with Research in Motion Limited.