Tips and trik BlackBerry Messenger

Posted by on Oct 1st, 2010 and filed under Blackberry, TipsTrik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Contact Management :
1.       Buatlah selalu display name anda dengan huruf biasa/standard. Jika ingin huruf/simbol yang aneh2/lucu2 di display name anda jangan letakkan di awal display name. Minimal pasanglah di huruf ketiga. Mengapa?. Supaya teman anda lebih mudah jika ingin mencari contact anda. Fasilitas search di blackberry hanya bisa mendeteksi huruf standard. Misal anda ingin mencari wiwieng, maka anda cukup ketik huruf w di menu search maka nama yang berawalan huruf standard w akan muncul. Apa yang terjadi jika suatu saat ada teman yang membutuhkan anda dan bbm contact listnya berjumlah ratusan dan display name anda diawali huruf/logo yang aneh/lucu. Pasti akan kesulitan.
2.       Manfaatkan fasilitas category di BBM contact list. Dengan cara masuk ke aplikasi bbm -> tekan menu -> pilih new contact category -> isi sesuai keinginan (family/milis/mitra bisnis, dll) -> lalu pilih contact yang akan dipilih sesuai category. Beberapa manfaatnya adalah : jika ingin melakukan BM ke anggota keluarga tentang acara makan malam bersama misalnya. Kita tinggal melakukan broadcast sesuai category keluarga. Pencarian kontak yang jauh lebih mudah karena display contact list lebih terpilah2 lagi.
3.       Jika kita memiliki contact list teman yang menggunakan display name yang sering diganti maupun diawali tidak dengan huruf standard. Kita bisa merubah display name contact list teman kita dengan cara pilih contact yang akan kita ubah -> pilih view contact profile -> rubah display name sesuai kehendak kita. Jika kita ingin mengembalikan display name ke kondisi awal lakukan proses yang sama, di sebelah tulisan display name akan muncul tulisan reset, pilih tombol reset. Selesai
4.       Backup selalu contact kita secara offline di media card. Secara default setting ini tidak aktif. Tekan menu di bbm, pilih options, cari backup management, pilih backup, pilih backup files locally, tick mark auto save contact list changes, lalu tekan backup now.

Conversation
1.       Kita bisa melakukan save chat history sampai dengan 2 bulan jika diperlukan. Caranya adalah tekan menu, pilih options, cari bagian chat view, ada menu save chat history, pilih ke media card. Jangan kuatir, tidak akan menguras memory kita karena save dilakukan di media card.
2.       Untuk melihat history pilih contact yang akan kita lihat historynya. Setelah layar conversation terbuka pilih menu lalu pilih view chat history.
3.       Untuk menonaktifkan save history lakukan point 1 dan pilih never.
4.       Untuk lebih efisien disarankan agar conversation kita di bbm tidak usah dimunculkan di folder messages. Caranya pilih options, cari bagian miscellaneous, hilangkan tick mark show chats in messages application

BB Groups
Salah satu default setting yang kurang efisien adalah di bb groups fitur save pictures adalah aktif dan tersimpan di media card. Kadang gambar yang tersimpan di media card jadi muncul gambar yang ‘aneh’. Hehehe… jika kita merasa terganggu kita bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke group yang akan kita edit, pilih view group details, dan pilih save pictures menjadi never. Disini sekaligus jika kita tidak menginginkan conversation group muncul di folder messages dengan cara pilih message list integration, pilih setting, pilih no activities.

Broadcast Message
Kalo bagian ini rasanya tidak perlu dijelaskan karena rasanya sudah banyak yang tahu. Hehehe…. Mungkin beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1.       Hindarilah melakukan broadcast yang tidak jelas asal usulnya/sumber yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
2.       Broadcast jokes/humor sebaiknya juga dihindari.
3.       Semua setting dan performance bbm ditentukan dari kekuatan signal operator dan aplikasi bbm itu sendiri. Tidak ada setting yang dilakukan dengan cara melakukan broadcast message.
4.       Waspadai broadcast spam / junk. Yaitu broadcast yang menyuruh kita untuk melakukan broadcast lagi. Dengan pokok bahasan apapun dengan sumber yang tidak diketahui asal usulnya. Pilah dan pastikan broadcast itu memang benar asal usulnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Lihat kata2 saya di awal, waspadai, bukan hindari.
5.       Memang semua adalah hak masing2 untuk melakukan broadcast. Tapi jangan salahkan jika teman kita melakukan delete contact kita di contact list teman kita karena jengah dengan broadcast yang kita lakukan.

Satu lagi yang sebetulnya bisa dimanfaatkan secara maksimal tapi jarang dipergunakan. Yahoo messenger dan email. Kedua fitur ini di bbm sangat2 stabil dan bagus performanya. Dan kelabihan Yahoo messenger adalah multiplatform, bisa digunakan di pc/laptop, tidak perlu melakukan backup contact. Banyak aplikasi2 baru yang bermunculan seperti ping chat, cnected yang menawarkan multi platform, padahal Yahoo messenger bisa melakukan itu.

Terima kasih. Maaf jika ada yang kurang berkenan. Silahkan jika ada yang mau menambahkan. Atau ada yang salah dalam penulisan saya.

Ditulis berdasar pengalaman2 yang dialami.

Ditulis oleh :    Ananto Adiwirawan

1 Response for “Tips and trik BlackBerry Messenger”

  1. prast says:

    top markotop infonya, kamsia ya bro…

Leave a Reply

*


Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE
Log in / Feedberry.com

The names RIM and BlackBerry are registered Trademarks of Research in Motion Limited. feedberry.com is in No Way Affiliated with Research in Motion Limited.