RIM Meluncurkan BBX – Kombinasi Terbaik BlackBerry dan QNX

Posted by on Oct 19th, 2011 and filed under Blackberry, Launching, news. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Mike Lazaridis, saat mempresentasikan BBX (Foto: Reuters)

Dengan kombinasi terbai dari BlackBerry dan QNX ini, RIM telah menghadirkan platform generasi berikutnya bagi Smartphone dan Tablet BlackBerry.

Catatan penting dari acara DevCon BlackBerry Amerika 2011 meliputi:

  • Aplikasi BlackBerry berbasis WebWorks dan HTML5 untuk BlackBerry smartphone dan tablet yang ada saat ini akan dapat berjalan di semua perangkat berbasis BBX yang akan datang
  • Native SDK untuk BlackBerry Playbook dianggap sudah matang dan siap dirilis untuk umum
  • SDK untuk Adobe AIR kini telah mendukung Adobe AIR 3.0
  • BlackBerry Playbook OS 2.0 Developer Beta kini telah tersedia, di dalam-nya disertakan BlackBerry Runtime bagi Android Apps untuk Tablet OS

San Francisco, CA – BlackBerry DevConAmerica 2011 – 18 Oktober 2011- Research In Motion (RIM) hari ini telah meluncurkan BBX, platform generasi berikutnya yang menghadirkan fitur terbaik dari platform BlackBerry dan platform QNX guna menghubungkan pengguna, perangkat, konten dan layanan.  Pada kesempatan ini, RIM juga mengumumkan serangkaian update perangkat pendukung bagi para pengembang, termasuk WebWorks untuk smartphone dan tablet, Native SDK untuk BlackBerry PlayBook dan BlackBerry Playbook OS 2.0 Beta bagi para pengembang, lengkap dengan dukungan untuk menjalankan aplikasi Android. RIM juga menyediakan panduan bagi para pengembang untuk dapat melakukan yang terbaik dan cara mengapitalisasi aplikasi mereka pada platform BlackBerry, saat ini dan masa depan.

“Dengan hampir 5 juta aplikasi BlackBerry yang diunduh setiap harinya dan sebagian besar pengguna membeli aplikasi, BlackBerry kini telah menjadi salah satu platform paling menguntungkan bagi para pengembang,” kata Mike Lazaridis, President dan Co-CEO RIM. “Pada DevCon hari ini, kami memberikan para pengem-bang alat untuk mendukung mereka membangun aplikasi yang lebih kaya dan panduan cara terbaik untuk mengembangkan aplikasi mereka pada perangkat smartphone BlackBerry dan tablet BlackBerry PlayBook sejalan dengan kedua perangkat ini yang memanfaatkan platform generasi terbaru yaitu BBX.”

BlackBerry BBX
BBX merupakan platform generasi berikutnya bagi tablet dan smartphone BlackBerry. Platform ini menggabungkan fitur terbaik dari BlackBerry dan QNX serta dirancang ulang untuk memberikan pengalaman kolaborasi dan produktivitas real-time mobile yang sempurna dengan menghadirkan produk dan layanan yang berbeda dari BlackBerry.

Platform BBX akan menyertakan BBX-OS, dan akan mendukung layanan cloud BlackBerry serta lingkungan pengembangan bagi para pengembang HTML5 maupun bagi para pengembang native. BBX akan mendukung semua aplikasi yang telah dibuat dengan memanfaatkan perangkat pengembangan BlackBerry Playbook saat ini – SDK Native, Adobe AIR/Flash dan WebWorks/HTML5 serta Android Java – baik pada perangkat Playbook maupun smartphone BlackBerry yang nantinya menjalankan platform BBX.

BBX juga akan menyertakan BlackBerry Cascades, framework UI baru untuk tampilan canggih (ditampilkan pertama kalinya hari ini) dan menghadirkan kemampuan “Super App” untuk mendukung beragam kemampuan inovatif termasuk integrasi mendalam antara aplikasi, layanan Push always-on, Platform Sosial BBM dan masih banyak lagi.

BlackBerry WebWorks
Pengembang yang ingin mendukung platform smartphone yang ada (dapat dijalankan pada BlackBerry OS 6 dan OS 7) serta tablet Playbook dapat mengapitalisasi aplikasinya memanfaatkan WebWorks, yang mendukung aplikasi pada HTML5, CSS dan JavaScript.  Rilis terbaru SDK BlackBerry WebWorks 2.2 untuk mendukung smartphone dan tablet BlackBerry PlayBook kini telah tersedia dan menyertakan update SDK untuk OS Tablet yang baru, Simulator Playbook, serta banyak lagi.

BlackBerry WebWorks API didukung oleh Ripple Emulator, sebuah aplikasi emulator canggih yang bekerja mirip seperti sebuah browser portabel. Emulator ini yang memungkinkan pengembang untuk dapat menguji dan melakukan debug aplikasi pada platform dan perangkat tanpa perlu mengompilasi atau menjalankan simulator terlebih dahulu. Emulator Ripple ini telah tersedia dalam versi beta dan dapat diunduh dari situs Pengembang RIM WebWorks di: http://developer.blackberry.com/html5.

SDK Native – Untuk Aplikasi yang Cepat, Kaya dan Berjalan Mulus
Pada kesempatan yang sama, RIM juga mengumumkan ketersediaan SDK Native 1.0 (gold release) untuk BlackBerry PlayBook. SDK Native ini akan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi, multi-threaded, Native C/C++ dan memudahkan pengembang untuk membuat game 2D dan 3D canggih. SDK Native juga membuka kesempatan bagi para pengembang untuk memanfaatkan teknologi OpenGL ES 2.0 dan Open AL serta berbagai API untuk mengakses perangkat tertentu.

Aplikasi yang dikembangkan dengan SDK Native dijamin akan dapat dijalankan pada BlackBerry Playbook yang ada saat ini dan akan memiliki kompatibilitas penuh terhadap platform BBX, sehingga aplikasi yang sama akan tetap dapat dijalankan pada tablet dan smartphone BlackBerry yang berbasis BBX ke depannya.

SDK Native ini juga menyertakan dukungan untuk library POSIX C/C++ dan standarnya, input perangkat seperti gerakan jari dan sentuhan pada layar, akses ke kode sistem manajemen menggunakan standar Eclipse CDT (C/C++ Development Tools) dan debug lanjut serta perangkat analisis lain. Turut hadir dalam paket SDK ini, QNX® Momentics Tool Suite, sebuah lingkungan pengembangan berbasis Eclipse yang terintegrasi.

Momentics Tool Suite ini memungkinkan memory profiling, debugging aplikasi, dan statistik penggunaan memori untuk membantu pengembang melakukan debug program yang lebih lanjut, termasuk untuk aplikasi yang memanfaatkan akselerasi perangkat keras bebasis OpenGL.

SDK Native membuat pengembangan dan adaptasi aplikasi game untuk perangkat BlackBerry Playbook menjadi hal yang sangat menarik. Para penerbit dan pengembang game terkenal serta beberapa perusahaan game besar kini sudah mulai untuk membawa aplikasi dan game mereka ke platform ini.

Scoreloop, ekosistem game sosial lintas-platform di ponsel yang memiliki pertumbuhan terbesar dan tercepat, sekarang telah tersedia dalam versi beta untuk Native SDK melalui BlackBerry® Beta Zone. SDK ini menyediakan semua yang diperlukan para pengembang untuk dengan mudah mengintegrasikan kemampuan sosial dalam aplikasi Playbook mereka dan termasuk dukungan untuk leaderboard, Challenge, Award &  Achievement, serta Profil Pemain pada Game. Teknologi Scoreloop ini lintas-platform dan dapat disesuaikan guna memberi kebebasan bagi pengembang untuk menambahkan fitur yang lebih banyak atau sedikit. Keunggulan ini membuat game mobile menjadi semakin sosial dan menguntungkan.

BlackBerry Cascades – Ciptakan Tampilan yang Menakjubkan
RIM hari ini menunjukan BlackBerry Cascades, framework antarmuka bagi pengguna yang kaya dan akan muncul dalam rilis Native SDK. Cascades menghadirkan aplikasi mobile generasi baru yang akan berfokus pada desain dan memberikan para pengembang keleluasaan fitur yang luar biasa dalam menciptakan tampilan  menakjubkan berkat kemudahan pengaturan tata letak, animasi, efek dan grafis 3D.

Fitur-fitur ini dipadu dengan komponen antarmuka pengguna yang kuat, men-jadikannya  lebih mudah untuk membangun aplikasi Native dengan antarmuka pengguna yang indah dan inovatif bagi Playbook dan platform BBX. Cascades akan tersedia dalam versi beta di akhir musim gugur ini.

Dukungan bagi Adobe AIR 3.0
Adobe Flash memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi dengan visual  menakjubkan serta fitur yang fungsional bagi Playbook. Aplikasi yang dikembangkan  menggunakan Adobe AIR ini akan dapat dijalankan pada OS Tablet yang ada saat ini dan juga didukung pada platform BBX yang akan datang.

BlackBerry Playbook kini telah mendukung runtime Adobe AIR 3.0 yang belum lama ini diumumkan. Beberapa fitur utamanya antara lain Runtime Captive yang memungkinkan  pengembang untuk mengemas runtime AIR langsung bersama aplikasi mereka dalam sebuah file tunggal; fitur Encrypted Local Store memberikan pengembang kemudahan  untuk menggunakan Advanced Encryption standard (AES) guna menyimpan informasi sensitif dan memastikan bahwa informasi tersebut terenkripsi dengan aman, seperti pada saat menyimpan password atau informasi kartu kredit dengan aman dalam aplikasi; fitur StageText memungkinkan pengembang untuk mengambil keuntungan dari kemampuan pengendalian teks dan interaksi yang native, kemampuan Multi-touch serta Gestures yang terintegrasi dalam aplikasi juga memberikan fleksibilitas fungsi yang lebih besar.

PlayBook OS 2.0 – Developer Beta
RIM hari ini memperkenalkan OS BlackBerry Playbook 2.0 versi Beta bagi para  Pengembang. Paket pengembangan ini berisikan Runtime BlackBerry untuk Apps Android dan Plug-In BlackBerry untuk Android Development Tools (ADT), memungkinkan para pengembang untuk dengan cepat dan mudah mengadaptasikan aplikasi Android Java mereka untuk Playbook.

Plug-In BlackBerry untuk ADT (Eclipse plug-in) memperluas lingkungan pengembangan lingkungan Eclipse Android untuk mendukung Playbook, dan menyertakan Simulator  BlackBerry PlayBook bagi pengembang untuk menguji dan melakukan debug aplikasi   mereka sebelum mengirimkannya ke BlackBerry App World™. Pengembang juga dapat menguji dan melakukan debug aplikasi mereka pada Playbook menjalankan OS BlackBerry Playbook 2.0 –Beta Developer.

Pengembang Android dapat mengemas ulang aplikasi Android mereka saat ini untuk PlayBook online dengan menggunakan BlackBerry Packager untuk Android Apps. Tersedia perangkat web bagi pengembang untuk melakukan hal ini langkah-demi langkah. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk menguji kompatibilitas aplikasi  mereka saat ini terhadap Playbook, dan untuk kemudian mengemas ulang dan menandai  aplikasi mereka untuk diserahkan ke BlackBerry App World. Kesemuanya dilakukan tanpa mengunduh aplikasi apapun.

BlackBerry Runtime untuk Android Apps dan perangkat yang terkait dengan mudah membuka akses ke pasar yang lebih besar bagi para pengembang Android. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperluas jangkauan ke pengguna dalam ekosistem BlackBerry yang berkembang pesat serta meningkatkan potensi pasar bagi aplikasi mereka .

OS BlackBerry PlayBook 2.0 – Developer Beta juga mendukung WebGL, sebuah teknologi web baru yang dapat menghadirkan grafis 3D dengan akselerasi hardware ke  browser tanpa perlu menginstal software tambahan. Pengembang akan dapat menghasilkan grafis 3D interaktif yang kaya dalam aplikasi WebWorks mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai OS BlackBerry PlayBook 2.0 -Developer Beta dan BlackBerry Runtime untuk Android Apps serta hal terkait, kunjungi https://bdsc.webapps.blackberry.com/android/bpaa/.

Meningkatkan Produktivitas Para Pengembang dengan Memberdayakan Library Open Source pada OS BlackBerry Playbook.
RIM mengumumkan inisiatif untuk mengadaptasi library Open Source yang popular untuk dapat dimanfaatkan pada platform OS Tablet BlackBerry. Library yang kini telah tersedia termasuk physic engines seperti Bullet Physics dan Box2DX, bahasa scripting seperti Lua, library multimedia seperti OpenAL dan SDL, gaming frameworks seperti Cocos2DX  dan library multiguna seperti Boost dan Qt. Tersedia pula di bawah lisensi Open Source, berbagai contoh kode, gameplay, serta native gaming framework 3D yang baru yang dapat pengembang gunakan untuk memulai.

RIM akan terus memperluas peran sertanya dalam komunitas Open Source untuk membantu meningkatkan produktivitas pengembang pada platform BlackBerry. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan RIM lainnya, kunjungi http://blackberry.github.com.

Leave a Reply

*


Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE
Log in / Feedberry.com

The names RIM and BlackBerry are registered Trademarks of Research in Motion Limited. feedberry.com is in No Way Affiliated with Research in Motion Limited.